Jumat, 03 Januari 2014

Enterprenurship; Bisnis, usaha, dagang. Dan Leadership: Kepemimpinan, baik kepemimpinan di dunia usaha

Saudara-saudaraku yang saya cintai karena Allah. Tahun 2012 adalah tahun di mana saya alhamdulillah membuka 2 sekolah baru. Sekolah Bisnis, dan Sekolah Kepemimpinan. Enterprenurship; Bisnis, usaha, dagang. Dan Leadership: Kepemimpinan, baik kepemimpinan di dunia usaha itu sendiri, atau bicara spektrum yang lebih luas lagi, kepemimpinan bangsa, kepemimpinan nasional, dan kepemimpinan global. Enterpreneurship dan leadership, adalah dua yang harus dipersiapkan sungguh-sungguh. Dilahirkan. Jangan sampe tercipta karena kebetulan belaka, atau bahkan warisan, tanpa peduli kualitas dan akhlaknya. Seperasaan saya, dilihat dari dokumentasi perjalanan saya, dari 1994, saya menaruh perhatian kepada dunia usaha dan kepemimpinan. Dari mulai yang sekecil-kecilnya, hingga ia kemudian berproses hingga sekarang ini. Semakin tahun, semakin tertarik. Semakin kepengen terlibat dan melibatkan diri. Semakin kepengen menceburkan diri. Bukan egoisitas kepengen menjadi pengusaha, dan pemimpin, insya Allah. Tapi lebih kepada kepengen ikutan menyiapkan moralnya, menyiapkan visi misinya, membantu mewujudkan impian banyak orang yang bercita-cita menjadi pengusaha dan pemimpin, dalam keadaan Allah ridha kepadanya. Secara meyakinkan saya berdoa di hadapan Allah, di depan Ka’bah-Nya, hampir di tiap kali perjalanan umrah. Agar saya diberi kekuatan mendampingi negeri saya, untuk ikut melahirkan dan mewarnai dunia usaha dan dunia kepemimpinan; baik nasional maupun global (internasional). Tahapan perjalanan setapak demi setapak dimulai. Harus ada yang punya impian, mencetak pengusaha berkaliber internasional, dengan reputasi dan network internasional, sementara ia adalah seorang penghafal al Qur’an yang santun, meneduhkan, namun disegani. Ya. Harus ada yang punya impian, mencetak pemimpin yang berkaliber dunia, sementara ia adalah seorang penghafal Qur’an yang memimpin dunia dengan al Qur’an. Subhaanallaah. Dan saya kepengen menjadi salah satu yang memiliki impian itu. Saya yakin saya tidak sendirian. Untuk menuju jalan itu, seluruh gagasan, ide, dan menuju implementasi, membuat sekolah bisnis dan sekolah kepemimpinan, adalah sebuah keniscayaan. Sekarang saja, dengan bendera Daarul Qur’an, yang menyasar ke program pendidikan formal SD, SMP, SMA, saya dan kawan-kawan berhasrat sangat memberi kontribusi kepada dunia pendidikan tinggi, output SMA yang berkualitas dengan akhlak yang mulia, dan al Qur’an di hati, dada, dan pikirannya. Keinginan untuk menyumbang kepada dunia usaha, anak-anak yang kelak menjadi pengusaha dan pemimpin yang tidak doyan sama korupsi, ga doyan sama harta haram, ga doyan sama perilaku maksiat, sebab al Qur’an melekat di dirinya, begitu menggelora. Hingga ia menjadi doa dan ajakan bersama ke seantero negeri dan muslim dunia, agar ia betul-betul menjadi terwujud. Rangkaian perkuliahan ini, rangkaian tulisan di tangan Saudara, adalah tulisan yang punya cita-cita tinggi itu, dengan tidak melupakan pembahasan yang membumi dan bisa dijalankan. Insya Allah, dengan izin-Nya.

Tidak ada komentar:

Cari disini data yang anda butuhkan?